Wednesday, October 28, 2015

JAKARTA







Jakarta - Jakarta adalah panggung kehidupan warganya. Namun, bangunan-bangunan bisu di Jakarta menyimpan cerita sisi lain yang kita tidak tahu.

Ini saatnya kita bicara tentang sisi lain Jakarta dari kacamata dunia traveling. Sisi di luar definisi standar tentang objek wisata. Travel Highlight Sisi Lain Jakarta akan mengupas tempat-tempat yang lebih dari sekadar destinasi.

Beberapa tempat yang begitu asing namanya untuk warga Jakarta sendiri. Ada juga tempat yang dianggap remeh temeh oleh warga Jakarta, padahal tempat tersebut begitu istimewa.

Misalnya saja begini, pernahkah terpikir darimana asal kata Jakarta. Anda mungkin tahu Pangeran Jayakarta yang jadi nama stasiun KRL, tapi sudah tahu belum Achmed Djaketra? Siapa dia? Dimana makam?

Untuk mereka yang mengaku anak gaul Jakarta Selatan, biasa hang out di mal Pejaten Village dan setiap kafe di Kemang. Tahu tidak di seberang mal Pejaten Village ada makam orang yang menjadi asal muasal nama Ragunan?

Sisi lain Jakarta juga menawarkan beberapa tempat lain yang memiliki informasi menarik. Jakarta ternyata punya Batik Betawi di Cilandak, cocok untuk oleh-oleh. Nah, untuk para fans tas Hermes dan suka berfoto dengan tas mereka, sudah belum berfoto dengan patung Dewa Hermes di Jakarta? Atau jangan-jangan, tidak tahu kalau Jakarta punya 2 patung Hermes?

Jakarta punya banyak taman 'tersembunyi' yang indah, tapi mungkin cuma warga sekitar yang tahu. Padahal alangkah eloknya jika semua warga Jakarta bisa menikmatinya. Coba cari tahu soal Taman Tabebuya dan bersiaplah terpesona.

Masih soal sisi lain Jakarta, ada beberapa museum yang juga luput dari perhatian kita. Misalnya Museum Galeri Antara yang menyimpan foto-foto langka bersejarah. Ada juga Museum Ahmad Yani dan Nasution dengan kisah tragedi berdarah. Ada juga Museum Basuki Abdullah dengan lukisan yang matanya konon bisa melirik. Wow!

Begitu juga tempat makan. Ada restoran pizza di kawasan Senen yang ternyata umur gedungnya setua Batavia, atau warung makan ecek-ecek yang ternyata legendaris. Di Jakarta, tempat kuliner saja punya cerita seru.

Yang aktif di media sosial pasti tahu soal Gubernuk DKI Ahok dan segala pro kontranya, ternyata kita juga bisa berwisata ke kantornya lho. Kita juga pasti tahu soal band legendaris Slank, pernahkah terpikir untuk berwisata ke Gang Potlot, untuk nongkrong bareng Slanker, wisata kuliner dan belanja suvenir bertema Slank?

Dari dunia gemerlapan yang modern untuk anak muda, kita melihat bagaimana girl band JKT48 menghibur para penggemarnya. Sementara di balik gedung-gedung megah Jakarta kita ditawari paket wisata melihat kemiskinan, untuk membangkitkan jiwa sosial warga Ibukota yang mungkin sudah mati rasa.

Aih..... Rasanya tidak pernah ada habisnya bicara soal sisi lain Jakarta. Begitu banyak cerita, begitu banyak sudut pandang. Semakin digali, semakin sadar, kita kayaknya tidak tahu apa-apa soal ibukota tempat kita tinggal ini. Setelah membaca Travel Highlight Sisi Lain Jakarta, cobalah melihat kawasan sekitar Anda, siapa tahu menemukan sisi lain Jakarta, yang kita semua belum tahu...

No comments:

Post a Comment